logo
+62 2902 6837
+62 2902 6838
K-Link Tower Suite A, Floor 18 Jl. Gatot Subroto Kav, 59A
Waktu terbaik untuk memakai benang gigi

Waktu terbaik untuk memakai benang gigi

Benang gigi (dental floss) sekarang ini dianggap sebagai alat pembersih gigi tambahan selain sikat gigi. Biasanya benang gigi ini digunakan setelah menyikat gigi atau saat Anda tak mungkin menyikat gigi.

Namun sebenarnya, adakah aturan tersendiri untuk menggunakan benang gigi? Apakah sebaiknya sebelum atau sesudah menyikat gigi?
Salah seorang juru bicara dari American Dental Association mengungkapkan sebaiknya membersihkan gigi dengan benang atau dental floss dilakukan sebelum menyikat gigi. Mengutip Today, hal ini dilakukan karena menggunakan benang gigi bukanlah hal menyenangkan. Dengan alat yang kecil dan tipis, tangan Anda harus lihai untuk mencungkil dan membersihkan makanan yang menempel di sela gigi. Kondisi ini tentunya berbeda ketika sedang menyikat gigi. Namun ada ahli gigi lainnya yang menyatakan bahwa sebaiknya menggunakan benang gigi setelah menyikat gigi. Alasannya karena proses ini akan membantu fluoride dalam pasta gigi bekerja lebih efektif di antara gigi.

Sebastian Ciancio, seorang profesor di School of Dental Medicine University at Buffalo mengatakan sebenarnya tak ada perbedaan nyata antara penggunaan benang gigi sebelum dan sesudah sikat gigi.

"Tak ada beda efektivitasnya antara sebelum dan sesudah menyikat gigi," kata Ciancio.

"Memakai benang gigi (flossing) sebelum menyikat gigi mungkin akan memberikan perlindungan palsu. Akibatnya Anda mungkin tidak akan menyikat gigi lagi."

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa sebenarnya pagi atau malam hari melakukan flossing juga tidak ada bedanya. Hanya saja pastikan setidaknya Anda melakukannya sehari sekali. Mathhew J. Messina juru bicara American Dental Association mengungkapkan bahwa hal ini akan meminimalkan bakteri jahat yang menempel di gigi Anda.

"Bakteri di sekitar gigi akan membentuk koloni, dan flossing akan membantu memisahkan mereka. Jika mereka terpisah, maka mereka akan jadi tak terlalu berbahaya."

Butuh waktu 24 jam untuk membentuk plak di mulut. Menyikat dan menggunakan benang gigi akan menggangu terbentuknya plak. Flossing memungkinkan untuk membersihkan ruang antara gigi dan bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Penyakit gusi menyebabkan bau mulut, perdarahan, gusi bengkak, gusi longgar, sensitif, dan tipis.

"Sikatlah gigi dua kali sehari dan flossing sehari sekali setiap hari. Ini cukup untuk menhindarkan diri dari penyakit gusi dan gigi."



By Hani Shabrina Azil
News Waktu terbaik untuk memakai benang gigi
Spesifikasi
Efficacy of Flowable Geltype EDTA at Removing the Smear Layer and Inorganic Debris under Manual Dynamic ActivationEfficacy of Flowable Gel-type EDTA at Removing the Smear Layer and Inorganic Debris under Manual Dynamic Activation
Conclusions: Our results suggest that the newly introduced gel-type EDTA might be an acceptable irrigant for removing the smear layer and inorganic debris present on the root canal wall. (J Endod 2013;39:910– 914)
Penderita HIV/AIDS rentan alami gangguan gigi dan mulut
Penderita HIV/AIDS akan mudah terinfeksi beragam penyakit. Hal ini karena virus HIV menyerang sel T jenis tertentu yang dikela dengan sel CD4.

Waktu terbaik untuk memakai benang gigi
Benang gigi (dental floss) sekarang ini dianggap sebagai alat pembersih gigi tambahan selain sikat gigi. Biasanya benang gigi ini digunakan setelah menyikat gigi atau saat Anda tak mungkin menyikat gigi.

Other Information Footer Copyright Information big smile 750x517 750x410
Copyright © 2015 - PT. Yunex Global Indonesia All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile